25.10.14

ANNYEONGHASEYO KOREA (part 1)

Horas Koreaa (lahhhhhh??????)

akhirnya setelah beli tiket udah dari 8 bulan yang lalu, kesampean juga tgl 3 Sept-9 Sept 2014 kemarin mampir ke Korea. Yihaaaaa.... jantung berdegup, hati membuncah hahaha.

Okay, tulisan kali ini mau banyak bercerita persiapan untuk berangkat ke Korea.
Ribet?? IYA
Puisng?? JELAS
Seteres?? SEDIKIT
Deg2an?? GAK USAH DITANYA LAGI

 Tapi so pasti happy dong, karena akhirnya dengan usaha yang extra, kesampean juga mengunjungi korea mamen... heehehee

Persiapannya apa aja sih??? Banyak banget. Walaupun udah beli tiket 8 bulan yang lalu, tapi tetep aja seneng sama yang namanya The Power Of  Kepepet.

Mulai dari salah ejaan nama di tiket (ini karena ulah gue sendiri -,-), dengan labilnya gonta ganti hostel sampe 8 kali. Limit kartu kredit gue sempet ketahan sampai 4jutaan gara2 beli tiket pesawat dengan mata uang asing tapi gak confirm ke Banknya, pesen hostel di situs yang gak kompetibel (free cancellation tapi begitu pesen hostelnya udah langsung masuk tagihan CC, untung ada kantor perwakilannya di Indonesia jadi gue bisa 'Protes' pake bahasa Indonesia :D), ngelembur di kantor cuma untuk gunain fasilitas Wifi biar bisa pesan online, pusing menghubungi rental mobil, bikin itinerary dan yang paling most bikin setres adalah ngurus VISA!!! kalau sampai ditolak, hancur lebur semua persiapannya.

SERU kok masa-masa persiapannya. Mungkin persiapan mau ke Korea masih kalah jauh ribet dibanding persiapan nikahan kali ya :D

Apa aja yang paling penting??
1. Itinerary.
Harus banget bikin itinerary lengkap dan detail. Berhubung trip kali ini gak pakai tours. Nah, bagian ini diurus sama temen gue yang katanya mau buka jasa pembuatan itinerary. Namanya Resti dan Ketrin. Kita arrange semua perhari, perjam mau ngapain dan kemana. Di arrange juga semua costnya. Survey alamat yang mau kita tuju dan how to get there. Turun di stasiun mana, naik bis apa, dll. Pokoknya gue salut sama mereka berdua yang dengan kerennya bikin itinerary buat kita2 (9 orang boooo). Untuk bagian ini, gue banyak2 terimikicihh sama mbah google dan blogger2 yang udah sharing lebih dulu pengalaman mereka kesana. Matur Nuwun nggih :)

2. Budget
 Ini penting banget harus disusun. Biar gak kaget kalo biaya yang bakal kita keluarin gak membengkak sampe 100%. Rajin2 aja gugling, liat biaya hostel, biaya tiket masuk wisata, biaya makanan, biaya untuk trasnportasi, biaya untuk belanja2, biaya untuk senang2 dan biaya tak terduga. Gue bikin budget sekitar Rp12jtan (include smua) dan ternyata bengkak menjadi Rp16jtan gara2 khilaf liat belanjaan -,-

3. Izin Cuti
Deg2annya minta ampun pas mau ngomong ke Bos kalau mau cuti. Maju mundur cantik pas mau datang ke ruangan bos. Yang bikin deg2an adalah yang mau cuti bukan cuma gue tapi bareng temen gue yang satu tim. it means bakal ada 2 orang yang cuti dengan hari yang sama padahal tanggal itu diprediksi lagi ada kerjaan. HAHAHAHAHA. Serius kami deg2an banget, membayangkan kalau Bos bakal menolak cuti kami. Membayangkan bapake bakal ngamuk2. Dan ternyata, di luar prediksi booo. DI IZINKAN. hahahaha. Rejeki anak sholeha. Abis di approve, hati senang dan berita tentang trip kami udah tersebar kemana-mana. Bos gue cerita kesana sini : Ini anggotaku mau cuti, katanya mau jalan2 ke Korea. Di Korea emang ada apa sih. Eaaaa, sebarin aja pak, sebarin. Kalau perlu teteh warung makan juga tau -,-

4. VISA
taadaaaa, visa. Menurut berita, pembuatan visa korea gampang2 sulit dan sedikit aneh. Anehnya adalah saat ada visa yg ditolak, alasannya kurang jelas. Maka dari itu, untuk menghindari penolakan (udah bosen soalnya gue ditolak mulu), kami persiapkan segala dokumen. Lihat info resmi dari webnya Kedubes South Korea, syarat dan formulir pengajuan visa. ini linknya : http://idn.mofa.go.kr/worldlanguage/asia/idn/visa/step/index.jsp
Syarat yang gue lampirin :
1. Formulir pengajuan (yang bisa langsung di download di webnya Kedubes)
2. Surat Keterangan Kerja (Bahasa Inggris)
3. Rekening Koran dan Referensi Bank
4. KTP dan KK
5. Paspor Asli dan FC Paspor
6. Pas Foto ukuran 4x6 latar putih
7. SPT
gue sama temen2 ngurus vissa sekitar H-14 hari sebelum keberangkatan. Kemarin sih biaya pengurusan visa gue Rp480.000 dan sekarang naik jadi Rp500an
Sebelum nyerahin segala persyaratan visa, gue nelpon dulu ke Kedubesnya untuk mastiin jam kerja mereka. Jam 09.00-11.45 waktu untuk pengajuan visa. Jam 14.00-16.00 waktu untuk pengambilan visa. Saran nih yaa, biar gak kena antrian yang panjang, datang ke Kedubesnya jangan siang2 yahh. Jam 08.00 aja, Kedubesnya udah penuh.
Gue mesti nunggu sekitar 5-6 hari kerja untuk dapat kepastian visa gue di approve ato gak. Sebelum datang untuk pengambilan visa, lebih baik kita nelpon dulu ke Kedubesnya unutk mastiin Visa yang kita ajuin sdh ada jawabannya apa belum.




putri9haan.blogspot.com
Penampakan Visa ku :D

putri9haan.blogspot.com
Surat Ket.Kerja dari opis gue


putri9haan.blogspot.com
Form aplikasi visa Korsel


5. Kenali Musimnya
Searching2 di mabh gugel musim yang sedang berlangsung di Korsel sekitar awal bulan September. Ternyata masih summer. Jadinya gue bawa baju2 yang tipis, casual tapi tetep harus ngehits dong ya boo. Namanya juga turis Indonesia, biar kere yang penting harus nggayaa :D
Oya sedikit tips nihh, berhubung summer, jadi barang2 yang gue bawa gak terlalu banyak. Yang artinya gak terlalu berat2in bagasi gue. Mending bawa sedikit, ntar pulangnya bisa bawa banyak (untuk yang pengen belenjong loh yaaa) Ato sekiranya bakalan ngabisin banyak uang untuk belanja, mending langsung upgrade bagasi secara online (6 jam sebelum keberangkatan) biar bagasinya gak overload. Mahal loh kalo sampe overload pas dibandara. temen gue yang bagasinya overload cuma 4-6kg mesti nambah biaya bagasi Rp4juta. Mehong kan...... :(

6. Pesan Online
ini gue masukin sebagai salah satu syarat penting sebelum keberangkatan. Ada banyak yg gue pesen online, antara lainnya :
- Tiket Jeju Air ( Berhubung gue dan temen2 merencanakan untuk kunjungan ke pulau Jeju)
- Tiket Busan Air ( Rencananya abis dari Pulau jeju, kami bakalan ke Kota Busan)
- Pesen Makanan di Pesawat ( Karena bakal sekitar 9 jam di pesawat, jadinya gue berpikir bahwa bakal laper. Dan akhirnya gue memustuskan untuk beli makanan untuk berangkata pagi hari dan siang hari untuk pulangnya)
putri9haan.blogspot.com
Nasi lemak yg gue pesen ol dari Airasia


Dan masih banyak kerempongan lain. Tapi dinikmatin aja. Dari persiapan ini banyak belajar dan pengalaman loh. Gue jadi tau karakter orang, gue jadi tau gimana mempersiapkan sesuatu dengan sabar dan gak pake emosi, jadi tau kalau mau transaksi dengan kartu kredit dalam mata uang asing hrs gmn, gue jg jadi tau web pemesan hostel yang kredibel, dan gue terdaftar jadi membernya Jeju Air, Easter Jet en Air Busan. Hahahaha. Keuntungan jadi member maskapai Korsel itu yaa lumayan dapat diskon harga tiket pesawat loh. Niat bgt kan gue kalo masalah diskkon2an. Oya sempet setres waktu mau daftar jadi  membernya Jeju Air. Pake bahasa Korsel, tp untungnya satu bulan kemudian ada perbaikan sistem dari pihak Jeju Air.  Sudah ada bahasa Inggrisnya :D. Dan untuk pesen tiket online, harus lewat internet explore. Chrome en Mozilla gak support.

So, ditunggu yaaa cerita absurd, rempong dan serunya trip gue ke Korsel di part berikutnya (Kalo gue gak males ngetik :D) ...

Gamsahanida... Matur Nuwun :*

No comments:

Post a Comment